BIOGRAFI Guido D' Arezzo (Pencipta solmisasi)
Guido D' Arezzo adalah seorang biarawan Benediktin sederhana yang diciptakan Do -Re - Mi - Fa - Sol -La - Ti -Do dan sistem staf bahwa musik modern ditulis pada . Apakah Anda tercengang ? Apakah Anda berpikir hal-hal selalu ada ?
Guido lahir sekitar 991 di Perancis dan ketika dia sudah cukup umur ( sekitar 8 ) , ia bergabung dengan biara di Pomposa di Italia , di pantai Adriatik . Sementara ia masih cukup muda ( 20-an ) , ia datang dengan sistem untuk belajar musik dengan hafalan - suatu mnemonic perangkat yang klaim untuk ketenaran , dan mungkin menonjol dalam lagu yang Anda ingat dari Julie Andrews terbaik film .
The Abbot di Pomposa menyukai inovasi Guido membuat , sehingga Guido menemukan sponsor di Uskup Arezzo di katedral ( 125 mil atau lebih ke daratan dari Pomposa ) dan pindah ke sana . Tidak ada lagi bagian dari sebuah biara , ia menemukan dirinya terganggu dengan berpolitik konstan masyarakat , dan ia menulis kerinduan kepada temannya Michael ( atau Michele , tergantung pada sumber Anda ) , seorang biarawan yang tetap di Pomposa , dari kehidupan studi dan kesendirian bahwa ia begitu merindukan . Dia menderita melalui tanggung jawab resmi , ia menulis .
Guido menulis panduan praktis bagi penyanyi , disebut Micrologus de disciplina artis Musicae , di suatu tempat antara 1025 dan 1028 . Dokumen ini luar biasa tertutup catatan , interval, skala , modus , komposisi melodi , dan polifoni improvisasi . Itu ditugaskan oleh Uskup Arezzo , dan hanya hal-hal baik datang ke dunia karena itu.
Micrologus menggambarkan aturan untuk menggabungkan suara di organum , suatu bentuk primitif polifoni , di mana bagian bergerak secara paralel ( tidak peduli di mana satu baris bergerak , yang lain tinggal di persis jarak yang sama dari itu ) dan menentang ( satu baris bergerak naik dan yang lainnya bergerak ke bawah dalam langkah-langkah yang sama ) arah . Mendefinisikan aturan untuk gerakan-gerakan ini memungkinkan untuk berpikir tentang melanggar aturan , dan membuka peluang untuk komposisi . Untuk pertama kalinya , daripada menambahkan garis gerakan paralel atau menentang ke bini yang ada , garis bisa bergerak secara independen , dan polifoni lahir . Setelah polifoni datang akord , jadi ini benar-benar adalah awal dari musik modern .
Micrologus juga menggambarkan solfeggio , perangkat mnemonic cerdas yang Guido diciptakan untuk memudahkan penglihatan bernyanyi . Solfeggio , atau solmization , memperkenalkan serangkaian suku kata yang menanggapi langkah-langkah dan setengah - langkah dalam suksesi catatan dalam modus , seperti CDEFGA ( Anda mungkin tahu ini sebagai enam catatan pertama dari skala besar . Silakan , Anda tahu Anda ingin menyanyi Do- Re - Mi . itu saja ! itu hanya apa yang terdengar seperti ) . Guido melihat bahwa catatan pertama dari masing-masing enam frase dari nyanyian populer ditelusuri pola yang berskala ke atas, sehingga ia disebut suku kata Ut , Re , Mi , Fa , Sol , La , untuk menghormati mereka . ( Bini itu " Ut queant laxis , " jika Anda ingin mencarinya ) . Dia bernama solmization sistem ( panjang untuk Sol - Mi ) .
Suku kata Guido masih digunakan saat ini , meskipun pada akhir abad ke-19 , suku kata pertama diubah menjadi " Do" seperti itu lebih mudah untuk menyanyi pada vokal terbuka , dan menambahkan " Ti " di atas " La " Dan di sana Anda memilikinya itu : Guido diciptakan Do -Re - Mi - Fa - Sol -La - Ti -Do .
Hal yang sejuk tentang solmization adalah bahwa hal itu menunjukkan penempatan setengah langkah ( tombol putih pada piano dengan tidak ada tombol hitam di antara mereka, dan Mi - Fa , Ti - Dilakukan di solfeggio ) . Mode tidak tetap untuk memulai atau mengakhiri titik tertentu seperti skala modern, melainkan yang stabil penempatan setengah langkah . Menggunakan solmization memungkinkan fleksibilitas dalam memilih sebuah catatan awal tetapi difasilitasi tinggal dalam modus yang benar pula . ( Jika Anda memilih setiap catatan pada piano , Anda perlu tahu di mana setengah langkah - atau hitam tombol - diperlukan untuk menjaga skala besar . Hanya skala yang dimulai di C tetap utama dengan tidak ada tombol hitam . Dalam mode , Anda dapat mulai pada catatan apapun, dan selama setengah - langkah berada di tempat yang tepat , Anda berada dalam modus yang benar . )
Guido yang paling terkenal karena apa yang dikenal sebagai Guido Tangan , tapi itu mungkin dikembangkan setelah masa hidupnya . Ini penemuan yang sangat menarik menggunakan lipatan di tangan untuk menunjukkan penempatan catatan , masing-masing sesuai dengan catatan dari solfeggio . Ada banyak versi Tangan (mungkin 50 ) , beberapa mengikuti setiap jari sampai panjangnya dan kemudian mulai lagi pada akar jari berikutnya , dan lain-lain berliku dalam mode spiral , berlawanan arah jarum jam di sekitar bagian atas jari dan turun dan sekitar sendi . ( Lihat blog saya , Seminar Tangan Guido untuk rincian lebih lanjut tentang Tangan . ) Dengan ini, Guido ( atau biduan ) bisa menunjukkan tempat di tangannya , dan paduan suara menyanyikan catatan yang sesuai . Tiba-tiba , menghafal hafalan sepenuhnya untuk belajar musik berevolusi untuk menggunakan alat bantu visual .
Guido juga menemukan hexachord , yang berarti bahwa setengah langkah (seperti dua tuts putih bersama-sama pada piano tanpa catatan hitam intervensi , atau dari catatan catatan hitam putih tetangga ) selalu antara nada ketiga dan keempat . Jadi jika pola Do- Re - Mi Anda dimulai pada C , Anda bermain CDEFGAB , dan jika dimulai pada A , Anda bermain ABC # - DEF # , dan jika dimulai pada G , Anda bermain GABCDEF # , dan seterusnya . Jika Anda tidak dapat memvisualisasikan ini , bayangkan skala besar ( Do- Re - Mi ) dan menyanyikannya pertama di salah satu bagian dari jangkauan Anda dan kemudian di negara lain . Menjaga terdengar "besar" adalah efek hexachord . Jika Anda memainkan semua catatan yang sama pada piano dimulai pada D sebagai Anda bermain mulai C untuk skala besar , Anda akan memiliki modus. ( Saya berbicara tentang hal ini panjang lebar dalam Mode Musik blog saya , Mode Gereja (bagian 1 ) ) Jadi dalam arti bahwa , Guido juga menemukan gagasan skala modern.
Neumes Unheightened ada sudah , dan sarjana di Notre Dame di Paris dipelajari dan teliti diterapkan ke koleksi teks nyanyian bahwa Paus Gregorius ( C540 - 604 ) telah memerintahkan ( mereka masih mengumpulkan dan mendokumentasikan mereka 400 tahun kemudian ) . Ini neumes ( dibahas dalam blog saya Sejarah Musik Notasi ) memberikan informasi tentang gerakan antara catatan dan sedikit tentang durasi mereka , tetapi tidak ada informasi tentang yang catatan khusus untuk menyanyi atau bagaimana seseorang berhubungan dengan yang lain perhatikan pada skala. Notasi memberikan petunjuk mengenai bagaimana musik harus berbunyi , tapi banyak menghafal ( dan menebak-nebak ) terlibat .
Guido menyarankan penggunaan garis dan spasi untuk menggambarkan catatan yang dinyanyikan ( termasuk garis merah untuk F dan garis kuning untuk C ) . Dia mengidentifikasi catatan di margin kiri sebelah baris mereka tertulis di , dan meskipun bahkan identifikasi yang bervariasi dengan modus atau clef penempatan , tiba-tiba , seseorang bisa belajar mantra dari naskah tanpa pernah mendengarnya , dan itu bisa akurat direproduksi oleh orang lain yang belum pernah mendengarnya .
Metode ini diadopsi secara luas , dan neumes diubah untuk mengakomodasi format , menjadi kurang kemerahan , dan lebih teratur , akhirnya berkembang menjadi blok catatan masih digunakan saat ini untuk Gregorian , dan akhirnya menjadi notasi tetap dan stabil yang menggunakan musik modern . Asli staf memiliki empat baris , masing-masing menggambarkan catatan sepertiga terpisah . Staf modern lima baris berevolusi untuk menghindari menambahkan baris buku seperti menyanyi dan rentang instrumen diperluas melampaui oktaf tunggal.
Penemuan ini membuat lebih mudah untuk menghafal musik (karena aspek visual ) , dan itu menjadi mungkin bagi individu untuk belajar secara terpisah dan datang bersama-sama dengan musik yang sama belajar . Hal ini menyebabkan cara untuk pengembangan musisi non - monastik , sekali kebutuhan untuk belajar dengan hafalan pergi , bangsawan berpendidikan termasuk pembuatan musik sebagai keterampilan penting . Metode perekaman musik dalam naskah juga memungkinkan lebih banyak lagu yang harus dipelajari karena faktor menghafal pergi .
.
Guido membual bahwa menggunakan notasi solmization dan staf , dia bisa " menghasilkan penyanyi yang sempurna dalam waktu satu tahun , atau paling banyak dua, " daripada sepuluh atau lebih biasanya butuh ketika belajar di luar kepala .
Tanggung jawab resmi Guido di ala Die termasuk mendidik sekelompok besar penyanyi katedral untuk Uskup Teodald ( atau Theobald atau bahkan Theobaldo , tergantung pada sumber Anda ) . Dia pandai dalam hal itu , dan reputasi baik sebagai inovator dan biduan menyebar ke Roma. Ketika Paus Yohanes XIX disebut Guido ke Roma tahun 1028, ia menunjukkan Vatikan metode barunya notasi . Mereka gembira oleh kedua sistem baru dan dengan probabilitas akhirnya mengalahkan sekolah di Notre Dame untuk inovasi musik .
Tapi Guido tumbuh sakit di Roma , dan tidak pernah benar-benar kembali kesehatannya . Sakit , ia bergabung dengan biara Camaldalese di Avellana ( sekitar setengah jalan antara Roma dan Arezzo ) pada 1029 . The Camaldonians kemudian menjadi perintah terpisah dari Benediktin , dan banyak naskah gaya baru yang diciptakan Guido keluar dari rumah Camaldese .
Tanggal kematian Guido tidak yakin dan dia mati tanpa publikasi acara . Itu tidak diketahui di mana dia dimakamkan .
sumber :
"Sejarah Musik Barat , " oleh J. Peter Burkholder , Donald Jay Grout , Claude V. Palisca , WW Norton & Company , New York , 2010
" The Concise Oxford History of Music , " oleh Gerald Abraham , Oxford University Press , New York , 1985
" A Dictionary of Music Awal : Dari Troubadours ke Monteverdi , " oleh Jerome dan Elizabeth Roche , Oxford University Press , New York , 1981
" Guide Performer untuk Music Medieval , " diedit oleh Ross W. Duffin , Indiana University Press , Bloomington , 2000
" Companion untuk Jaman Pertengahan dan Renaissance Musik , " diedit oleh Tess Knighton dan David Fallows , University of California Press , Berkeley , 1997
" The Pelican History of Music, Volume 1 : Bentuk Kuno Polyphony , " oleh Denis Stevens dan Alec Robertson , Pelican Books , Baltimore , 1960
Guido D' Arezzo adalah seorang biarawan Benediktin sederhana yang diciptakan Do -Re - Mi - Fa - Sol -La - Ti -Do dan sistem staf bahwa musik modern ditulis pada . Apakah Anda tercengang ? Apakah Anda berpikir hal-hal selalu ada ?
Guido lahir sekitar 991 di Perancis dan ketika dia sudah cukup umur ( sekitar 8 ) , ia bergabung dengan biara di Pomposa di Italia , di pantai Adriatik . Sementara ia masih cukup muda ( 20-an ) , ia datang dengan sistem untuk belajar musik dengan hafalan - suatu mnemonic perangkat yang klaim untuk ketenaran , dan mungkin menonjol dalam lagu yang Anda ingat dari Julie Andrews terbaik film .
The Abbot di Pomposa menyukai inovasi Guido membuat , sehingga Guido menemukan sponsor di Uskup Arezzo di katedral ( 125 mil atau lebih ke daratan dari Pomposa ) dan pindah ke sana . Tidak ada lagi bagian dari sebuah biara , ia menemukan dirinya terganggu dengan berpolitik konstan masyarakat , dan ia menulis kerinduan kepada temannya Michael ( atau Michele , tergantung pada sumber Anda ) , seorang biarawan yang tetap di Pomposa , dari kehidupan studi dan kesendirian bahwa ia begitu merindukan . Dia menderita melalui tanggung jawab resmi , ia menulis .
Guido menulis panduan praktis bagi penyanyi , disebut Micrologus de disciplina artis Musicae , di suatu tempat antara 1025 dan 1028 . Dokumen ini luar biasa tertutup catatan , interval, skala , modus , komposisi melodi , dan polifoni improvisasi . Itu ditugaskan oleh Uskup Arezzo , dan hanya hal-hal baik datang ke dunia karena itu.
Micrologus menggambarkan aturan untuk menggabungkan suara di organum , suatu bentuk primitif polifoni , di mana bagian bergerak secara paralel ( tidak peduli di mana satu baris bergerak , yang lain tinggal di persis jarak yang sama dari itu ) dan menentang ( satu baris bergerak naik dan yang lainnya bergerak ke bawah dalam langkah-langkah yang sama ) arah . Mendefinisikan aturan untuk gerakan-gerakan ini memungkinkan untuk berpikir tentang melanggar aturan , dan membuka peluang untuk komposisi . Untuk pertama kalinya , daripada menambahkan garis gerakan paralel atau menentang ke bini yang ada , garis bisa bergerak secara independen , dan polifoni lahir . Setelah polifoni datang akord , jadi ini benar-benar adalah awal dari musik modern .
Micrologus juga menggambarkan solfeggio , perangkat mnemonic cerdas yang Guido diciptakan untuk memudahkan penglihatan bernyanyi . Solfeggio , atau solmization , memperkenalkan serangkaian suku kata yang menanggapi langkah-langkah dan setengah - langkah dalam suksesi catatan dalam modus , seperti CDEFGA ( Anda mungkin tahu ini sebagai enam catatan pertama dari skala besar . Silakan , Anda tahu Anda ingin menyanyi Do- Re - Mi . itu saja ! itu hanya apa yang terdengar seperti ) . Guido melihat bahwa catatan pertama dari masing-masing enam frase dari nyanyian populer ditelusuri pola yang berskala ke atas, sehingga ia disebut suku kata Ut , Re , Mi , Fa , Sol , La , untuk menghormati mereka . ( Bini itu " Ut queant laxis , " jika Anda ingin mencarinya ) . Dia bernama solmization sistem ( panjang untuk Sol - Mi ) .
Suku kata Guido masih digunakan saat ini , meskipun pada akhir abad ke-19 , suku kata pertama diubah menjadi " Do" seperti itu lebih mudah untuk menyanyi pada vokal terbuka , dan menambahkan " Ti " di atas " La " Dan di sana Anda memilikinya itu : Guido diciptakan Do -Re - Mi - Fa - Sol -La - Ti -Do .
Hal yang sejuk tentang solmization adalah bahwa hal itu menunjukkan penempatan setengah langkah ( tombol putih pada piano dengan tidak ada tombol hitam di antara mereka, dan Mi - Fa , Ti - Dilakukan di solfeggio ) . Mode tidak tetap untuk memulai atau mengakhiri titik tertentu seperti skala modern, melainkan yang stabil penempatan setengah langkah . Menggunakan solmization memungkinkan fleksibilitas dalam memilih sebuah catatan awal tetapi difasilitasi tinggal dalam modus yang benar pula . ( Jika Anda memilih setiap catatan pada piano , Anda perlu tahu di mana setengah langkah - atau hitam tombol - diperlukan untuk menjaga skala besar . Hanya skala yang dimulai di C tetap utama dengan tidak ada tombol hitam . Dalam mode , Anda dapat mulai pada catatan apapun, dan selama setengah - langkah berada di tempat yang tepat , Anda berada dalam modus yang benar . )
Guido yang paling terkenal karena apa yang dikenal sebagai Guido Tangan , tapi itu mungkin dikembangkan setelah masa hidupnya . Ini penemuan yang sangat menarik menggunakan lipatan di tangan untuk menunjukkan penempatan catatan , masing-masing sesuai dengan catatan dari solfeggio . Ada banyak versi Tangan (mungkin 50 ) , beberapa mengikuti setiap jari sampai panjangnya dan kemudian mulai lagi pada akar jari berikutnya , dan lain-lain berliku dalam mode spiral , berlawanan arah jarum jam di sekitar bagian atas jari dan turun dan sekitar sendi . ( Lihat blog saya , Seminar Tangan Guido untuk rincian lebih lanjut tentang Tangan . ) Dengan ini, Guido ( atau biduan ) bisa menunjukkan tempat di tangannya , dan paduan suara menyanyikan catatan yang sesuai . Tiba-tiba , menghafal hafalan sepenuhnya untuk belajar musik berevolusi untuk menggunakan alat bantu visual .
Guido juga menemukan hexachord , yang berarti bahwa setengah langkah (seperti dua tuts putih bersama-sama pada piano tanpa catatan hitam intervensi , atau dari catatan catatan hitam putih tetangga ) selalu antara nada ketiga dan keempat . Jadi jika pola Do- Re - Mi Anda dimulai pada C , Anda bermain CDEFGAB , dan jika dimulai pada A , Anda bermain ABC # - DEF # , dan jika dimulai pada G , Anda bermain GABCDEF # , dan seterusnya . Jika Anda tidak dapat memvisualisasikan ini , bayangkan skala besar ( Do- Re - Mi ) dan menyanyikannya pertama di salah satu bagian dari jangkauan Anda dan kemudian di negara lain . Menjaga terdengar "besar" adalah efek hexachord . Jika Anda memainkan semua catatan yang sama pada piano dimulai pada D sebagai Anda bermain mulai C untuk skala besar , Anda akan memiliki modus. ( Saya berbicara tentang hal ini panjang lebar dalam Mode Musik blog saya , Mode Gereja (bagian 1 ) ) Jadi dalam arti bahwa , Guido juga menemukan gagasan skala modern.
Neumes Unheightened ada sudah , dan sarjana di Notre Dame di Paris dipelajari dan teliti diterapkan ke koleksi teks nyanyian bahwa Paus Gregorius ( C540 - 604 ) telah memerintahkan ( mereka masih mengumpulkan dan mendokumentasikan mereka 400 tahun kemudian ) . Ini neumes ( dibahas dalam blog saya Sejarah Musik Notasi ) memberikan informasi tentang gerakan antara catatan dan sedikit tentang durasi mereka , tetapi tidak ada informasi tentang yang catatan khusus untuk menyanyi atau bagaimana seseorang berhubungan dengan yang lain perhatikan pada skala. Notasi memberikan petunjuk mengenai bagaimana musik harus berbunyi , tapi banyak menghafal ( dan menebak-nebak ) terlibat .
Guido menyarankan penggunaan garis dan spasi untuk menggambarkan catatan yang dinyanyikan ( termasuk garis merah untuk F dan garis kuning untuk C ) . Dia mengidentifikasi catatan di margin kiri sebelah baris mereka tertulis di , dan meskipun bahkan identifikasi yang bervariasi dengan modus atau clef penempatan , tiba-tiba , seseorang bisa belajar mantra dari naskah tanpa pernah mendengarnya , dan itu bisa akurat direproduksi oleh orang lain yang belum pernah mendengarnya .
Metode ini diadopsi secara luas , dan neumes diubah untuk mengakomodasi format , menjadi kurang kemerahan , dan lebih teratur , akhirnya berkembang menjadi blok catatan masih digunakan saat ini untuk Gregorian , dan akhirnya menjadi notasi tetap dan stabil yang menggunakan musik modern . Asli staf memiliki empat baris , masing-masing menggambarkan catatan sepertiga terpisah . Staf modern lima baris berevolusi untuk menghindari menambahkan baris buku seperti menyanyi dan rentang instrumen diperluas melampaui oktaf tunggal.
Penemuan ini membuat lebih mudah untuk menghafal musik (karena aspek visual ) , dan itu menjadi mungkin bagi individu untuk belajar secara terpisah dan datang bersama-sama dengan musik yang sama belajar . Hal ini menyebabkan cara untuk pengembangan musisi non - monastik , sekali kebutuhan untuk belajar dengan hafalan pergi , bangsawan berpendidikan termasuk pembuatan musik sebagai keterampilan penting . Metode perekaman musik dalam naskah juga memungkinkan lebih banyak lagu yang harus dipelajari karena faktor menghafal pergi .
.
Guido membual bahwa menggunakan notasi solmization dan staf , dia bisa " menghasilkan penyanyi yang sempurna dalam waktu satu tahun , atau paling banyak dua, " daripada sepuluh atau lebih biasanya butuh ketika belajar di luar kepala .
Tanggung jawab resmi Guido di ala Die termasuk mendidik sekelompok besar penyanyi katedral untuk Uskup Teodald ( atau Theobald atau bahkan Theobaldo , tergantung pada sumber Anda ) . Dia pandai dalam hal itu , dan reputasi baik sebagai inovator dan biduan menyebar ke Roma. Ketika Paus Yohanes XIX disebut Guido ke Roma tahun 1028, ia menunjukkan Vatikan metode barunya notasi . Mereka gembira oleh kedua sistem baru dan dengan probabilitas akhirnya mengalahkan sekolah di Notre Dame untuk inovasi musik .
Tapi Guido tumbuh sakit di Roma , dan tidak pernah benar-benar kembali kesehatannya . Sakit , ia bergabung dengan biara Camaldalese di Avellana ( sekitar setengah jalan antara Roma dan Arezzo ) pada 1029 . The Camaldonians kemudian menjadi perintah terpisah dari Benediktin , dan banyak naskah gaya baru yang diciptakan Guido keluar dari rumah Camaldese .
Tanggal kematian Guido tidak yakin dan dia mati tanpa publikasi acara . Itu tidak diketahui di mana dia dimakamkan .
sumber :
"Sejarah Musik Barat , " oleh J. Peter Burkholder , Donald Jay Grout , Claude V. Palisca , WW Norton & Company , New York , 2010
" The Concise Oxford History of Music , " oleh Gerald Abraham , Oxford University Press , New York , 1985
" A Dictionary of Music Awal : Dari Troubadours ke Monteverdi , " oleh Jerome dan Elizabeth Roche , Oxford University Press , New York , 1981
" Guide Performer untuk Music Medieval , " diedit oleh Ross W. Duffin , Indiana University Press , Bloomington , 2000
" Companion untuk Jaman Pertengahan dan Renaissance Musik , " diedit oleh Tess Knighton dan David Fallows , University of California Press , Berkeley , 1997
" The Pelican History of Music, Volume 1 : Bentuk Kuno Polyphony , " oleh Denis Stevens dan Alec Robertson , Pelican Books , Baltimore , 1960
Komentar
Posting Komentar